Gaungkan Bahaya Bullying, STAI Binamadani Jalankan PKM

Sebagai Program Rutin dalam Rangka Silaturrahim Antar Lembaga Pendidikan serta Bentuk Implementasi dari Tridharma Perguruan tinggi, STAI Binamadani kembali mengadakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) d Pondok Pesantren Aziziyah Kota Tangerang, pada Jum’at (27/09/2024).

Kegiatan yang mengangkat tema “Pencegahan dan Penanganan Bulling di Lingkungan Pendidikan” ini dihadiri langsung oleh Wakil Ketua I STAI Binamadani yakni Dr. Mohamad Zaenal Arifin, serta di Sambut oleh Pimpinan Pondok Pesantren Aziziyah Kota Tangerang yaitu KH. Drs. Jawahir Al Abror, S.H.

Dalam Sambutannya Zaenal Arifin mengungkap pentingnya untuk Berkolaborasi antar sesama Institusi Pendidikan. Ditambah, kegiatan semacam ini dapat mempererat Silaturrahim Antar Lembaga dimana keduanya dapat saling mengembangkan Kualitas Pendidikan. Ia juga menyampaikan terimakasihnya kepada Ponpes Aziziyah yang telah mendidik serta menciptakan santriwan/santriwati yang memiliki kualitas serta karakter Islam.

Adapun Kegiatan PKM ini diisi oleh sejumlah Dosen Yakni Dr. Badrus Samsul Fata, M.A., dan Abdul Ghofur, M.Pd dimana keduanya membahas terkait Pentingnya Memahami, Menghindari, serta Mengantisipasi Perilaku Bullying atau Perundungan. Abdul Ghofur dalam narasinya menyebut, perundungan semacam ini kadang kala terjadi tanpa kita sadari secara jelas. Perundungan semacam ini juga perlu sangat di Perhatikan bukan hanya oleh Pengasuh Pondok Pesantren namun juga teruntuk para santri agar tidak menjadi Pelaku dalam Perundungan ini. “Jangan sampai, mentang mentang anaknya agak kurus lalu di panggil ceking atau menggunakan Istilah nama lain yang berdampak negatif” ungkapnya.

Disisi yang sama, Badrus Fata mengungkap bahwa Perundungan ini menjadi masalah serius yang saat ini terjadi di Indonesia. “Banyak sekali Laporan terkait Kasus Perundungan ini, utamanya dikalangan Remaja”. Perundungan yang dapat menyebabkan Korban menjadi Depresi hingga bahkan mengakhiri hidup tentu menjadi hal yang memilukan di tengah kondisi masyarakat Indonesia yang memiliki Kesan Religius yang kuat. “Dalam Islam, kita dengan hewan saja perlu berlaku baik apalagi dengan sesama manusia” ujarnya. Ia juga menambahkan, bahwa Pengaruh Gadget tentu menjadi salah satu Pintu Utama dari Arus Bullying yang marak terjadi. “Kalau jaman dulu, perundungan mungkin hanya dengan Tatap muka namun saat ini dapat dengan mudah melalui sosial media. Oleh sebabnya penting untuk panjenengan semua ketika pulang kerumah dan menggunakan HP, tolong digunakan dengan sangat baik” Tutupnya.

Written by 

STAI Binamadani merupakan Perwujudan dari cita cita pendiri untuk memperjuangkan kesejahteraan kehidupan umat melalui perguruan tinggi yang dengan sengaja mentransfer ilmu ilmu agama, sosial, humaniora, dan eksakta.