SOSIALISASI SK KETUA STAI BINAMADANI TENTANG PENCEGAHAN PLAGIARISME TUGAS AKHIR MAHASISWA

Tangerang, 23 Juni 2022
Pimpinan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Binamadani menyelenggarakan acara Sosialisasi SK Ketua Nomor: 052/SK.Ket/STAI-BM/VI/2022 tentang Pencegahan Plagiarisme Tugas Akhir Mahasiswa. Hadir dalam acara ini seluruh jajaran pimpinan, para Kaprodi Program Sarjana S1 dan Magister S2 PAI, dan para mahasiswa tingkat akhir.
Dalam pengarahannya, bapak Dr. Ahmad Suja’i, M.Pd.I selaku Ketua STAI Binamadani menyampaikan bahwa mulai tahun akademik 2021/2022 pimpinan akan memberlakukan kebijakan pencegahan plagiarisme tugas akhir skripsi dan tesis mahasiswa. Menurutnya, kebijakan ini ditempuh untuk lebih meningkatkan mutu dan orisinalitas tugas akhir yang dihasilkan oleh para mahasiswa. “Kita sebagai insan akademik memiliki tanggung jawab moral dan intelektual terkait penulisan karya ilmiah. Karenanya, diharapkan para mahasiswa memperhatikan etika dan kaidah-kaidah ilmiah sewaktu menulis skripsi dan tesis”, ujarnya.


Selanjutnya, sosialisasi SK pencegahan plagiarisme tugas akhir mahasiswa disampaikan oleh bapak Dr. Mohamad Zaenal Arifin, M.A selaku Waket 1 bidang akademik. Di antara poin-poin yang disosialisasikan adalah tentang batas toleransi tingkat similarity (kemiripan) kurang dari atau sama dengan 40% untuk Program Sarjana dan 30% untuk Program Magister. Terkait mekanismenya, pengecekan plagiat akan dilakukan setelah mahasiswa menyelesaikan penulisan tugas akhirnya dan sudah melakukan revisi sesuai saran Dosen Pembimbing. “Pengecekan plagiat akan dilakukan oleh Akademik. Selanjutnya, mahasiswa akan diijinkan untuk mendaftar ujian munaqasyah skripsi dan tesis apabila batas toleransi tingkat kemiripan tersebut terpenuhi”, ujarnya.

Di akhir acara, Waket 1 membagikan kepada para mahasiswa tips-tips untuk menghindari plagiarisme. Menurutnya, banyak cara yang bisa dilakukan agar tulisan ilmiah memiliki tingkat similarity rendah. Di antaranya dengan menghindari copy paste tulisan dari website ke tulisan di Word, selalu mencantumkan sumber referensi apabila mengutip tulisan orang lain, melakukan parafrase atau penulisan ulang dengan gaya bahasa sendiri, dan menambahkan interpretasi dan analisa mandiri terhadap tulisan yang dikutip. “Jika langkah-langkah ini dilakukan, sewaktu dicek menggunakan turnitin maka tulisan Anda akan terdeteksi similaritynya rendah”, imbuhnya.


Tak terasa acara ini berlangsung selama 2 jam, mulai pukul 13.30 sd 15.30 melalui zoom meeting. Para mahasiswa tampak antusias mengikuti dengan melontarkan banyak pertanyaan tentang mekanisme pengecekan plagiarisme dan strategi yang bisa dilakukan agar tugas akhir mereka lolos cek turnitin. Tepat pukul 15.30. acara ini ditutup oleh Ibu Mariya Ulpah, M.H selaku MC. Tak lupa beliau menyelipkan kata-kata motivasi bagi para mahasiswa: Terus Semangat menulis skripsi dan tesis teman-teman… jangan nodai integritas dan kredibilitas kalian dengan menjiplak tulisan orang lain. 🥰💪

 

Admin : E.d

Written by