PENINGKATAN PERINGKAT JURNAL ILMIAH TERAKREDITASI (SINTA)

Tangerang, Sabtu, 2 Juni 2022
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Binamadani mengadakan kegiatan internal berupa “Peningkatan Peringkat Jurnal Ilmiah Terakreditasi (SINTA)”. Kegiatan yang diselenggarakan di ruang rapat ini dihadiri oleh seluruh tim editor dari 4 (empat) jurnal yang dikelola prodi, yaitu: Jurnal Tarbawi, Dirasah, Syar’i, dan Madani Syariah.
Dalam sambutannya, Bapak Dr. Mohamad Zaenal Arifin, MA, selaku pengelola jurnal menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk menguatkan pengelolaan jurnal di semua Prodi agar semakin baik dari waktu ke waktu. Menurutnya, hal urgent yang perlu dilakukan saat ini oleh tim editor adalah memperbaiki tampilan rumah jurnal, memaksimalkan peran editor dalam setiap terbitan, dan meningkatkan status jurnal dari Open Journal System (OJS) menjadi jurnal terakreditasi. “Apabila jurnal-jurnal yang kita kelola dapat mencapai akreditasi SINTA akan memberikan manfaat besar, tidak hanya bagi institusi namun juga bagi karir akademik para dosen kampus STAI Binamadani”, imbuhnya.
Selanjutnya, pengajuan akreditasi jurnal dipandu oleh anggota Dewan Redaksi, Ibu Utami Maulida, M.Pd. Dengan sabar dan telaten beliau memandu tim editor mulai dari mendaftar akun di website ARJUNA hingga melengkapi data persyaratan usulan akreditasi jurnal. Setelah memakan waktu yang cukup lama, akhirnya pada hari itu juga seluruh proses pengajuan akreditasi jurnal dapat diselesaikan oleh tim editor. “Alhamdulillah, dengan selesainya proses pengajuan akreditasi jurnal ini, berikutnya kita tinggal menunggu dan melihat kemajuan usulan akreditasi tersebut”, kata Ibu Utami Maulida, M.Pd

Semoga upaya pengajuan akreditasi jurnal ini membuahkan hasil sesuai yang diharapkan. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

Written by