Ada tiga prinsip dasar yang penting untuk diyakini oleh seorang Great Teacher.
- Pertama, guru harus berkeyakinan bahwa setiap siswa adalah cerdas. Tidak ada siswa yang bodoh, dia hanya belum menemukan guru yang pas dengan metode belajar yang sesuai.
- Kedua, guru harus menyakini bahwa setiap siswa memiliki tombol yang jika disentuh dengan cara dan waktu yang tepat, maka akan melejitkan kejeniusan yang ada dalam dirinya.
- Ketiga, guru harus merasa bangga dan menyakini bahwa profesi sebagai guru merupakan pekerjaan yang paling kaya. Sebab, setiap hari mendapat passive income (keuntungan pasif yang tidak terputus) dunia dan akhirat. Rasulullah dalam sebuah hadits mengatakan: ‘Apabila seorang manusia meninggal dunia, maka putuslah amalannya. Kecuali dari tiga perkara, yaitu sedekah yang mengalir (jariah), ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakan untuknya’. (HR. Muslim)
Manfaat Menjadi Great Teacher
Pekerjaan adalah sarana kita beribadah kepada sang Pencipta. Tentu saja mendapatkan imbalan surga dari Sang Pemilik semesta adalah manfaat luar biasa yang akan diperoleh oleh seorang Great Teacher. Selain itu, manfaat lain yang juga bisa langsung dirasakan oleh seorang guru terbaik adalah dia akan disenangi siswa-siswanya. Ada tiga kunci yang harus dipersiapkan guru untuk menjadi Great Teacher :
a. Pertama, meningkatkan motivasi.
b. Kapasitas pengetahuan
c. Memiliki keterampilan
Beberapa Jurus Jitu Mengajar Kreatif & Menyenangkan yang sudah di Ringkas yaitu:
- Great Opening & Apersepsi : Great opening menentukan kelangsungan dalam proses pembelajaran selanjutnya. Ketika guru mampu membuka dengan baik (great), maka sesungguhnya guru sedang menyiapkan kondisi belajar siswa secara optimal. Siswa akan percaya kepada guru dan penuh kesediaan menyimak materi yang akan disampaikan.
- Bentuk-Bentuk Apersepsi : Alpha Zone , Pre Teach, Warmer, Scene Setting
- Variasi Metode : Metode pembelajaran merupakan cara-cara yang ditempuh guruuntuk menciptakan situasi pengajaran yang menyenangkan.Dalam pembuatan metode, guru perlu untuk mempehatikan IHB,Aktivitas belajar, dan variasi metode. Semua unsur tesebut harus tersambung antara satu dengan lainnya.
a.gambar visual (konsep, gambar visual, dan penjelasan gambar).
b. Kedua, simulasi.
c. Ketiga, sosio drama.
d. Keempat, wawancara.
e. Kelima, mind mapping. Yaitu cara mudah menempatkan informasi ke dalam otak dan mengabilnya kembali.
f. Keenam, puisi. Metode ini dapat menumbuhkan sikap positif dalamproses pembelajaran.
- Review & Closing
Seperti pembukaan (opening), pada akhir kelas (closing) memiliki fungsi yang juga sangat penting. Siswa akan membawa pulang sesuatu yang disimpulkan pada akhir pembelajaran. Media Pembelajaran Menguasai media pembelajaran berbasis information communication and technology (ICT) merupakan sebuah keniscayaan bagi guru yang mengajar di era digital. Maka penguasaan media pembelajaran oleh guru dimaksudkan agar para guru mampu menggunakan media dalam proses pembelajaran, guru mampu mendesain slide powerpoint yang profesional, visual dan menyenangkan.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan siklus pertama dari proses pembelajran yang profesional. Pada tahap ini, guru membuat lesson plan di awal tahun pembelajaran. Kemudian memodifikasi dan mengevaluasi setiap selesai mengajar. Terdapat empat siklus pembelajaran, yaitu: observasi, feedback, lesson plan, dan terakhir adalah konsultasi.
Communication Skill
Skil berkomunikasi merupakan kemampuan ‘creative delivery’ yang digunakan seorang guru dalam menyampaikan materi pembelajaran di dalam kelas. Sehingga materi pembelajaran dapat mudah dipahami oleh siswa selaku peserta didik.
Download selengkap nya disini: DOWNLOAD DISINI
Writen By Ferdinal Lavendry,MM.MA
Dosen Communication skill for teacher
PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH